KRITIK DAN ESAI

 

Kompetensi Dasar

Siswa mampu memahami prinsip-prinsip kritik dan esai.
Tujuan
Siswa memahami prinsip-prinsip kritik.

section-media

(sumber gambar: photobucket.com)
Sebenarnya, apa itu kritik? Dalam KBBI kritik diartikan sebagai kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Secara etimologi, kritik berasal dari bahasa Yunani krites yang bermakna ‘seorang hakim’, krinein yang bermakna ‘menghakimi’, dan kriterion yang bermakna ‘dasar penghakiman’. Dengan demikian, berdasarkan etimologi tersebut, makna kata kritik adalah melakukan evaluasi, meneliti, dan menilai. Suatu kritik dapat muncul dari objek apa pun, baik kritik teks maupun kritik sastra.

Ciri Kritik Sastra

Kritik sastra harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Mengandung data/fakta
2. Memiliki simpulan
3. Mengandung evaluasi
4. Ada penilaian

Fungsi Kritik Sastra

Berbeda dengan esai yang objek cakupannya luas, kritik sastra harus langsung berhadapan dengan karya sastra yang dibahas. Tujuan utamanya adalah:
1. Mengembangkan ilmu sastra
2. Mengembangkan kesusasteraan
3. Memberikan masukan kepada masyarakat awam
4. Membantu memahami dan mengapresiasi karya sastra

perhatikan contoh berikut ini.

Ketika guru dan murid-murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat tukang kebun itu bekerja sendirian, semuanya mendekat.
“Jaringan itu untuk apa, Pak?”
“Untuk menjaring malaikat.”
“Malaikat?”
“Benar.”
“Boleh kami bantu, Pak?”
“Boleh.Boleh tentu saja.Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggu jaring ini.”
“Kenapa mesti ditunggu?”
“Sebentar lagi Jibril akan gentayangan terperangkap jaringan ini.”
("Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat" oleh Danarto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah ….
A. Isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya.
B. Cerita yang menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan penulis.
C. Cerpen Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
D. Penggunaan dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
E. Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik.

Pembahasan

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya (kalimat A). Kutipan cerpen tersebut menceritakan tokoh yang sedang beraktivitas, namun aktivitas tersebut menurut pembaca merupakan halusinasi dari tokoh yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya. Kalimat B, C, D, dan E bukan termasuk kalimat kritik karena mengemukakan keunggulan cerpen. Kalimat kritik merupakan kalimat yang berfungsi untuk mencari kekurangan karangan guna membangun sebuah karangan agar menjadi lebih baik disertai dengan solusi.

Poin Penting

  1. Keberadaan kritik penting karena mampu memberi informasi yang seimbang kepada masyarakat.
  2. Kalimat kritik disampaikan dengan santun, jelas, dan membangun.

Kompetensi Dasar

Memahami prinsip-prinsip kritik dan esai
Tujuan
Siswa mengetahui definisi,prinsip, dan contoh esai.

Sebelumnya,kalian sudah belajar tentang prinsip-prinsip kritik. Kritik berisi pertimbangan baik buruk sebuah karya. Pada pembelajaran kali ini kita akan mengenal prinsip-prinsip esai. Hal ini dilakukan karena kemahiran menulis penting dimiliki oleh siswa sebagai bagian dari pembelajaran proses berpikir, mengutarakan pendapat, serta dapat membangun daya kreativitas.

Definisi Esai

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian bahwa esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara singkat berdasarkan sudut pandang penulisnya. Secara etimologi, kata esai berasal dari bahasa Perancis, yaitu essay yang berarti ‘mencoba’, ‘berusaha’, atau ‘berupaya’. Dengan kata lain, kita dapat menganggap esai merupakan karangan yang bersifat argumentatif, yaitu sebuah tulisan yang digunakan sebagai upaya untuk menyampaikan gagasan pribadi penulis (subjektif) terhadap suatu permasalahan.
      Pada mulanya, esai digunakan untuk menganalisis karya sastra. Penulisan untuk bidang yang lain disebut artikel. Akan tetapi, kemudian banyak penulis-penulis lain yang menggunakan istilah esai untuk bidang di luar sastra.

Prinsip esai

Prinsip esai pada umumnya sama seperti prinsip pada paragraf, yaitu mengandung unsur gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah suatu permasalahan yang diangkat oleh penulis dan dijadikan sebagai topik paragraf, sedangkan gagasan penjelas adalah informasi yang mendukung, memperkuat, atau menjelaskan permasalahan pada gagasan utama. Gagasan utama dapat dikembangkan dengan pola deduktif, induktif, atau campuran (deduktif-induktif).
      Paragraf esai biasanya dikembangkan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan faktual dan imajinatif. Dalam pendekatan faktual, gagasan utama diperluas melalui perincian, contoh, dan pemberian bukti. Esai pada pendekatan ini harus disusun secara logis, analitis, dan kritis sehingga mudah untuk dibuktikan dan sulit untuk disangkal. Dalam pendekatan imajinatif, penulis esai bisa membayangkan apa yang diinginkan atau diharapkan dalam suatu permasalahan yang muncul. Apa pun bentuk pendekatan yang dilakukan, pada prinsipnya sebuah esai selalu dimulai dengan pandangan subjektivitas penulis terhadap masalah yang dibahas.

Berikut contoh penulisan esai.

section-media

Poin Penting

  • Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara singkat berdasarkan sudut pandang penulisnya.
  • Prinsip esai:
  • Dimulai dengan pandangan subjektif penulis
  • Dikembangkan dengan dua pendekatan, yaitu faktual dan imajinatif
  • Pendekatan faktual dilakukan dengan memperluas gagasan utamanya melalui perincian, pembuktian, dan contoh, serta disusun secara logis, kritis, dan mudah dibuktikan.
  • Pendekatan imajinatif dilakukan dengan memberikan gagasan utama berupa bayangan, harapan, atau keinginan penulis terkait suatu masalah.
  • Pola pengebangan paragraf dapat dengan cara deduktif, induktif, atau deduktif-induktif.

SUMBER: 
https://link.quipper.com/id/organizations/543dd66462f1121148002435/curriculum#curriculum

Comments

  1. Menurut saya Materi yang diberikan oleh madame jelas, dan tidak berbelit-belit maksudnya singkat, jelas dan dapat mudah dipahami oleh saya, disini saya mempelajari prinsip-prinsip kritik dan essai yang materi diberikan oleh madame, Semoga madame kedepannya makin sukses dan sehat selalu.

    ReplyDelete
  2. Materi yang Madame berikan mudah dipahami, dan tidak membuat bingung.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas materinya madame☺️
    Mudah dipahami karena singkat, padat, dan jelas, penjelasannya langsung menjurus ke inti penting materi kritik dan essai yang sedang kita pelajari. Jadi, sangat ekfektif penjelasannyapenjelasannya.

    Sehat selalu madame😇

    ReplyDelete
  4. Mnurut saya Materi yang diberikan madam sangat jelas dan mudah dimengerti, semoga untuk kdepanya jauh lebih baik lagi, sehat2 ya madam

    ReplyDelete
  5. menurut saya materi yang diberikan oleh madame mudah dimengerti semoga kedepannya madame tambah sukses dan sehat selalu

    ReplyDelete
  6. Materi dari madame bisa saya pahami dengan baik, dan semoga kedepannya lebih sukses dan sehat selalu madame

    ReplyDelete
  7. Ayu Patricia A/12 Mipa/02
    Kesan=cukup jelas ,dengan penjelasan yang singkat dan fokus pada pembahasan tanpa bertele-tele.Hanya saja penjelasan yang singkat ini membuat materi kurang rinci dan untuk beberapa siswa mungkin ada yang kurang sanggup memahami keseluruhan materi.
    Pesan=berikan penjelasan yang lebih rinci misalnya berikan contoh pola deduktif, induktif,dan campuran.terimakasih

    ReplyDelete
  8. Menurut saya Materi yang diberikan oleh madame jelas, dan tidak berbelit-belit maksudnya singkat, jelas dan dapat mudah dipahami oleh saya, disini saya mempelajari prinsip-prinsip kritik dan essai yang materi diberikan oleh madame, Semoga madame kedepannya makin sukses dan sehat selalu.

    JOSE LANANG SADEWA

    ReplyDelete
  9. Menurut saya materi yang di berikan madam sangat membantu dalam belajar juga materi yang madam berikan jelas , dan tidak terbelit - Belit juga mudah di pahami

    ReplyDelete
  10. Menurut saya materi yang diberikan madame mudah dimengerti dan jelas

    ReplyDelete
  11. Trima kasih madame telah memberikan materi yang singkat ini,, walaupun materi ini singkat madame selalu bisa membuat siswa menjadi jelas atas materi yang madam berikan ,,dan materi ini sangat bermanfaat buat para siswa mengikuti pembelajaran madame ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Demander quelqu’un de faire quelque chose et interdiction (meminta seseorang untuk melakukan sesuatu dan melarang)

3.3 Mencontohkan tindak tutur untuk mengajak /mengundang, menerima dan menolak ajakan (inviter quelqu’un, accepter et refuser une invitation) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi lisan dan tulis

3.6 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai